-->

Social media optimization untuk blog dan tips optimasinya

Share:



SIAPIP.COM - Hai kawan, apakah kamu pernah mendengar tentang social media optimization(SMO)? Apa sama dengan search engine optimization(SEO)? Apa pentingnya dan bagaimana cara optimasinya? Yuk, kita bahas di artikel kali ini.

Apa itu social media optimization (SMO)?

Social media optimization adalah strategi promosi online yang dilakukan dengan mengoptimalkan tools dan platform sosial media sebagaimana layaknya search engine (mesin pencari).

Sedangkan tools dan platform sosial media sendiri adalah berbagai media yang digunakan oleh pengguna internet seperti contohnya Facebook, Twitter, Instagram, Wikipedia, Flickr, YouTube, LinkedIn, dan sejenisnya.

semakin banyaknya para pengguna internet saat ini yang ketergantungan terhadap tools dan platform sosial media membuat aplikasi strategi social media optimization (SMO) menjadi sama pentingnya dengan penggunaan aplikasi search engine optimization (SEO).

Pertanyaannya sekarang, apakah blog kamu sudah mengintegrasikan strategi social media optimization (SMO) ini? lalu bagaimana caranya melakukan optimasi sosial media untuk blog kamu? Yuk cek sekarang.


Tips membuat social media optimization untuk blog


Buat konten blog kamu menjadi rujukan bagi blogger lain

Langkah awal yang harus kamu perhatikan bukankah tools sosial media apa yang akan kamu gunakan, tetapi konten blog kamu sendiri yang harus dimaksimalkan. Karena sebaik apapun strategi SMO yang kamu rencanakan semuanya tidak akan ada artinya tanpa konten blog yang benar-benar memberikan manfaat bagi para pembaca blog. Untuk itu, buatlah konten yang berkualitas, sehingga blog kamu layak menjadi rujukan bagi blogger lain.


Sediakan layanan sharing dan bookmarking untuk pembaca blog

setelah membuat konten yang berkualitas, selanjutnya adalah mempermudah pembaca blog kamu untuk menyebarluaskan konten blog tersebut. Sediakan tombol sharing dan bookmarking (ke berbagai media sosial) di setiap artikel di dalam blog kamu, agar pembaca blog kamu bisa menyebarluaskan artikel kamu melalui tombol tersebut hanya dengan sekali klik. Kamu juga bisa memanfaatkan feedburner baik di halaman blog maupun di halaman RSS feed.

Baca juga : Tips Mendapatkan Banyak Komentar di Blog

Berikan apresiasi untuk setiap inbound link

Inbound link adalah link yang berasal dari blog lain. Semakin banyak inbound link maka blog kamu semakin berkualitas. Salah satu cara untuk merangsang inbond link adalah dengan memberikan apresiasi kepada blog yang me-link ke blog kamu, dengan cara memberikan backlink atau mengirimkan apresiasi tertulis (komentar positif) kepada blog yang telah memberikan link ke blog kamu.


Sebarluaskan konten blog kamu

tidak perlu menunggu orang lain untuk menyebarluaskan konten kamu melalui situs media sosial. Luangkan waktu khusus untuk submit konten kamu ke situs-situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan sejenisnya.


Biarkan orang lain menggunakan konten blog kamu

Salah satu rahasia strategi social media optimization adalah membiarkan orang lain yang mempromosikan konten blog kamu, dengan cara permudah pembaca blog kamu untuk menggunakan dan menulis ulang konten blog kamu sesuai syarat yang kamu tetapkan. Gunakan widget creative commons attribution agar pembaca blog kamu tahu batasan penggunaan kembali artikel kamu.


Bangun komunitasmu sendiri

Mulailah membangun komunitas pembaca blog kamu sendiri. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur bagus seperti grup Facebook, atau forum sejenisnya.dengan memiliki komunitas kamu membangun jaringan dengan mereka yang benar-benar memiliki minat yang sama dengan kamu, Ingin berhubungan dengan kamu, dan ingin mendapatkan manfaat dari komunitas yang kamu bangun.

Baca Juga : 10 Niche Blog Paling Mudah Menghasilkan Uang

Beri penghargaan untuk pembaca blog kamu

Dalam social media optimization ini peran pembaca blog kamu sangatlah penting. Pembaca blog kamulah yang sebenarnya menyebarluaskan informasi tentang blog kamu dan bahkan menjadi endorsement tanpa pamrih untuk blog kamu. karena itu berilah penghargaan kepada pembaca blog kamu, berikan insentif hadiah gratis untuk mereka yang telah setia menjadi pembaca blog kamu.


Ikut terlibat dalam pembicaraan

Sosial media adalah tentang bersosialisasi, karenanya kamu harus berpartisipasi dan terlibat aktif dalam pembicaraan yang dilakukan oleh pembaca blog kamu atau mereka yang mengikuti kamu (misalnya via Facebook atau Twitter), dengan ikut terlibat dalam pembicaraan membuat pesan yang ingin kamu sampaikan tentunya akan lebih cepat tersebar luas.


Jangan takut mencoba hal yang baru

Karena hampir setiap hari akan ada sesuatu hal yang baru, situs baru, tools baru, dan platform baru di dunia sosial media. Untuk itu, jangan pernah berhenti belajar sesuatu yang baru dan jangan pernah takut mencoba hal yang baru.


Nah, itu dia beberapa tips membuat social media optimization yang bisa kamu coba. Jika kamu berhasil, tentu kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri, jaringan, bahkan penghasilan serta akan lebih dikenal banyak orang.

Bagaimana kawan? Sudahkah kamu mencoba melakukan social media optimization untuk blog kamu dengan cara tersebut di atas?


No comments