-->

Manfaat Herbal Jintan Hitam Habbatussauda

Share:





SIAPIP - Hai kawan, Buat kamu yang senang mengkonsumsi obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu herbal ini, yaitu Habbatussauda, mempunyai nama latin Nigella Sativa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa sih Habbatussauda itu?


habbatussauda
Habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman yang bernama Nigella Sativa dari  jenis famili Ranunculaceae berasal dari Asia Selatan dan Asia Barat.

Habbatussauda (Jintan Hitam) ini biasanya sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet untuk masakan daerah timur tengah seperti india dan sekitarnya. Habbatusauda ini memiliki rasa dan aroma khas pedas pahit seperti kombinasi antara bawang merah, lada hitam dan juga oregano.

Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan

biji habbatussauda

Pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina seorang ilmuwan Persia yang paling terkenal di zaman keemasan islam, Manfaat habbatussauda ini salah satunya adalah sebagai pengobatan  untuk sesak nafas seperti gejala asma ataupun karena masalah pernafasan lainnya.

Seiring perkembangannya saat ini dalam pengobatan tradisional, habbatusauda dapat digunakan sebagai  perangsang produksi ASI, obat cacing, sebagai diuretik dan pelemas otot (untuk kejang dan kedutan) serta sebagai peningkatan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit menular pada orang yang memiliki sistem imun yang rendah.

Dan selain daripada itum Habbatussauda ini juga berkhasiat mengobati sakit kepala, sakit gigi, serta flu dan hidung tersumbat. bisa juga untuk mengobati mata merah, wasir, luka nanah, reumatik, alergi, hingga masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan perut kembung. Kemudian untuk minyak habbatussauda bisa menyembuhkan alergi kulit dengan dioleskan kebagian yang sakit.

Apa Saja Manfaat Penting Dari Habbatussauda?

1. Melawan Sel Kanker

habbatussauda

Habbatussauda memiliki senyawa antioksidan etanol yang dalam penelitian diketahui dapat menghambat perkembangan sel kanker yang diderita pada pasien. Senyawa Etanol yang dihasilkan memberi efek perlindungan terhadap stress oksidatif dalam tubuh, yang disebabkan oleh radikal bebas yang memicu berbagai kerusakan sel dalam tubuh dan menyebabkan penyakit kanker.

2. Mengatasi Gejala Diabetes 


Didalam Habbatussauda terdapat senyawa aktif utama yaitu Thymoquinone (TQ), yang dalam penelitiannya ditemukan bahwa injeksi TQ dalam dosis tinggi dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1 sepenuhnya,

Dan penelitian lainnya dilaporkan bahwa ekstrak habbatussauda yang dicampur dengan rempah herbal khas timur tengah seperti Myrrh, Gum olybanum, dan Gum asafoetida efektif menurunkan kadar gula darah, karena adanya efek penghambatan metabolisme gula dalam tubuh, Karena itu, peneliti percaya bahwa habbatussauda ini dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes alami yang tidak bergantung pada obat insulin.

3. Meningkatkan Kualitas Sperma pada Pria

kapsul habbatussauda

Bagi Pria yang pecandu rokok berat, kandungan nikotin dan racun dalam tubuh yang disebabkan rokok dapat mengurangi kelincahan sperma untuk berenang dan juga mempengaruhi bentuk umumnya. Nikotin memberikan dampak negatif pada struktur jaringan testis, Masalah kelainan pada sperma dan testis menjadi faktor resiko penting bagi kesuburan pria, sebuah penelitian di Malaysia disebutkan bahwa minyak habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma dan menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik.


4. Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Mengkonsumsi pil ekstrak habbatussauda setiap hari selama dua bulan berturut turut dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang yang memiliki hipertensi. Dan juga tidak ada komplikasi yang disebabkan oleh kabbatussauda terhadap kesehatan tubuh sehingga aman.

Pil ekstrak habbatussauda juga dapat menurunkan tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL), sekaligus juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Akan tetapi efek penyeimbang dari habbatussauda ini hanya muncul pada mereka yang mempunyai kolesterol tinggi ringan, dan koleterol normal.

Cara Yang Baik Dalam Mengkonsumsi Habbatussauda

pil habbatussauda

Dalam mengkonsumsi habbatussauda juga tidak bisa sembarangan, obat herbal habbatussauda sering digunakan sebagai pelengkap dari obat kimia baik resep maupun non resep. Namun demikian suplemen herbal ini tetap aman dikonsumsi karena zat zat toksik yang terkandung kemungkinan sudah mengalami perubahan struktur kimia, meskipun begitu reaksi tiap orang terhadap obat bisa berbeda satu sama lain.

Untuk itu sebaiknya habbatussauda ini hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit dan penurunan resiko dari penyakit. bukan sebagai penyembuh. untuk menyembuhkan penyakit tetap perlu resep dokter dan kontrol kesehatan ke rumah sakit. umumnya orang mengkonsumsi habbatusauda dalam bentuk pil yang bisa diminum sehari 2 kali dengan dosis 2 pil sekali minum.

No comments